Selasa, 04 April 2017

Tips Agar Sepatu Tak Rusak Setelah Kena Hujan

Image result for Tips Agar Sepatu Tak Rusak Setelah Kena Hujan

Air merupakan salah satu hal yang bisa merusak berbagai jenis sepatu dan perlu dihindari bila ingin sepatu kesayangan Kamu awet. Tetapi kondisi ini akan susah dijauhi bila musim hujan datang. Terlebih bila sepatu Kamu basah kuyup karena dengan cara tidak berniat masuk ke kolam renang atau selokan.

Bila beberapa hal yang tidak dikehendaki ini terjadi, tidak perlu terlalu sedih. Kamu dapat melakukan tiga langkah mudah untuk menyelamatkan sepatu yang paling disayangi Kamu. Berikut ini tips agar sepatu Kamu tidak rusak setelah terserang air :

Bersihkan sol bagian dalam sepatu 

Hal pertama yang biasanya dilakukan setelah sepatu safety Kamu basah kuyup karena terserang air yaitu melepas sol bagian dalamnya. Bila sol bagian dalam ini kotor dan Kamu merasa dapat mencucinya dengan mesin pencuci, cobalah kerjakan saja.

Tetapi bila sol hanya basah tanpa ada terserang kotoran, Kamu cukup mengangin-anginkannya sampai kering. Namun ingat, janganlah pakai dryer karena panas segera yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan sepatu Kamu.

Menyingkirkan kotoran dan lumpur dari sepatu 

Hal setelah itu yang perlu Kamu kerjakan yaitu menyingkirkan kotoran dan lumpur yang menempel pada sepatu Kamu. Cobalah pakai sikat yang kaku untuk mengangkat kotoran yang ada. Janganlah menggosoknya dengan kasar karena Kamu dapat merusaknya.

Pakai sikat khusus pada sepatu yang perlu perawatan khusus seperti kulit atau suede. Sepatu dengan kedua bahan ini dapat perlu dilindungi dengan weatherproof sebelumnya dipakai di dalam musim hujan. Kamu dapat memakai beeswax atau spray pelindung membuat perlindungan sepatu Kamu dari air.

Bila sepatu Kamu terserang lumpur, mungkin Kamu perlu membersihkannya dengan lap terlebih dulu, baru pakai sikat untuk bersihkan sampai ke celah-celah sepatu. Bersihkan dengan cermat, terlebih di bagian di mana sepatu berjumpa dengan sol karena di ruang ini kotoran biasanya banyak berkumpul.

Bila sneaker Kamu sangat kotor dan susah dibersihkan lewat cara lain, coba mencucinya dengan mesin pencuci. Sepatu safety online type ini biasanya dapat dicuci dengan deterjen. Tetapi hati-hati karena membersihkan dengan mesin pencuci dapat bikin sol mudah lepas.

Keringkan sepatu dengan kertas koran 

Setelah sepatu Kamu bersih dari semua kotoran, sediakan kertas koran. Remas koran jadi bola-bola kecil dan masukan kedalam sepatu Kamu. Kertas koran berperan untuk mengangkat kelembapan dari sepatu Kamu.

Sekali lagi, ingat tidak untuk memakai dryer atau heater karena panas segera dapat mengakibatkan kerusakan sepatu Kamu. Bisa-bisa sepatu Kamu malah akan sangat kering dan mudah pecah-pecah. Kamu cukup bersabar dan menanti sepatu kering dengan sendirinya untuk dapat dipakai kembali.

0 komentar:

Posting Komentar