Kamis, 05 September 2019

Bermula Dari Usaha Kecil-Kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir



Tidak dikit entrepreneur muda Indonesia kaya raya yang mengawali profesi bisnisnya dari usaha kecil-kecilan. Bahkan juga, ada pula satu diantara antara mereka yang mengawali usaha bermodalkan 0 Rupiah. andy soewatdy bisa menjadi panutan untuk seorang pengusaha

Kisah-kisah mereka mengajarkan kita jika sukses memang tidak sudah pernah ada yang instant. Beberapa dari mereka bahkan juga sudah pernah rasakan pailit, tetapi mereka malah masih sabar serta tidak kapok dalam melakukan bisnis. Dengan ketekunan, usaha mereka juga dapat balik modal serta sukses.

Jika judulnya saja entrepreneur muda Indonesia, automatis usianya belum kepala empat. Ya masih termasuk generasi milenial alias kelahiran awal 1980an sampai pertengahan 1990an.

Ingin tahu dengan siapapun mereka? Yuk silahkan kita kenalan dengan mereka.

1. Ali Muharam
Ali Muharam ialah entrepreneur muda Indonesia yang beroperasi di sektor makanan. Mungkin kamu familiar sama produk cemilan bikinan beliau yakni, Makaroni Ngehe.

Sebelum tampil jadi entrepreneur yang sukses, pemuda asal Tasikmalaya ini hanya seseorang office boy lulusan SMA yang kerja di Bogor. Ia sempat juga kerja dalam suatu kantin bank di Jakarta dengan upah pas-pasan.

Siapa kira, kata Ngehe dalam Makaroni Ngehe nyatanya memvisualisasikan cerita hidup Ali yang cukup keras dalam soal banting tulang.

Cikal akan Makaroni Ngehe bermula dari uang Rp 20 juta yang ia pinjam dari temannya. Saat itu, Ali yang baru pinjam uang tidak teringat ingin usaha apa. Tetapi selanjutnya, ia buka usaha makanan dengan gerobak di Kebon Jeruk.

Ali kerja multitasking. Ia harus masak, layani customer, sampai membenahi tokonya sendiri. Singkat kata, omzet penjualannya juga bertambah sepanjang delapan bulan. Serta karena style hidupnya yang simpel, ia dapat nabung sampai pada akhirnya membesarkan upayanya. andy soewatdy salah satu orng yang berpengaruh di Indonesia

Siapa kira, dari jualan makaroni ia sudah sempat rasakan omzet Rp 3 miliar.

2. Yasa Singgih
Kamu familiar dengan merek Men’s Republic? Jangan salah lho, merek ini dibangun oleh seseorang entrepreneur muda Indonesia yang telah masuk Forbes Under 30 di tahun 2016.

Dialah Yasa Singgih, seseorang pria yang telah usaha semenjak ia duduk di kursi SMP, lebih persisnya waktu ayahnya di operasi sebab penyakitnya.

Bermula dari jadi MC panggilan, Yasa pada akhirnya terjun ke usaha baju dengan skema titip jual tanpa ada modal. Ia juga sukses lakukan usaha yang satu ini, hebat ya!

Lalu ia coba keberuntungan lain dengan terjun ke usaha warung kopi serta alami kegagalan.

Sesudah tutup upayanya di 2013 serta konsentrasi pada ujian nasional, Yasa juga melakukan bisnis sepatu. Ia menggandeng produsen sepatu di Kota Kembang sampai pada akhirnya, ide usaha ini juga menghasilkan keuntungan yang besar.

Sekarang, Men’s Republic tidak hanya laku di Indonesia. Sepatu Men’s Republic laku di negeri jiran Malaysia, Filipina, lalu Taiwan, Hong Kong, Makau, sampai Nigeria!

3. Hamzah Izzulhaq
Pria kelahiran 1993 yang lalu ini tertera jadi Direktur Penting PT Hamasa Indonesia, perusahaan beromzet beberapa ratus juta per bulan. Perusahaan ini beroperasi di sektor pengerjaan sofa bed.

Ketertarikan Hamzah Izzulhaq buat membuka usaha sudah terlihat semenjak ia duduk di kursi SMA. Usaha pertamanya ialah distributor buku pelajaran. Dari usaha itu, ia sukses memperoleh Rp 950 ribu sepanjang enam bulan.

Sebenarnya, entrepreneur muda Indonesia ini dahulunya punyai usaha bimbel alias tuntunan belajar. Usaha itu telah berkembang secara baik, tetapi selanjutnya ia juga temukan kekuatan laba besar dalam penjualan sofa bed.

Dalam soal usaha, Hamzah akui jika dianya banyak belajar dari Bob Sadino serta Walt Disney.

Hamzah memahami jika sebelum rasakan keberhasilan, satu orang tentu menjumpai kegagalan dahulu. Tetapi, kegagalan itu tidak lalu diratapi lalu membuat kapok. Pengusaha-pengusaha yang sudah sukses itu malah belajar dari kegagalan serta bangun sesudahnya.

4. Medina Zein
Mungkin, beberapa orang serta beberapa netizen kenal beliau sebab ia ialah adik ipar Ayu Azhari. Namun, ia sebenarnya ialah seseorang entrepreneur muda Indonesia yang betul-betul sukses.

Medina telah mengawali usaha saat duduk di kursi SMP. Ia memulai upayanya dengan jadi seseorang reseller produk.

Sesudah sukses kumpulkan modal usaha, ia membangun usaha baru yakni produk kecantikan dengan merk yang dia bikin sendiri.

Berawal di tahun 2011, usaha skincare Medina ini diawali dengan cuma menggandeng tiga karyawan. Penjualannya juga masih cuma memiliki konsep online shop. Medina tidak segan-segan memberikan dana sampai Rp 400 juta buat promo di Instagram.

Tetapi, sekarang omzet penjualan online skincare Medina itu dijagokan telah lebih dari 3 miliar per bulan. Itu penyebabnya, ia juga mampu membuat kerajaan bisnisnya dengan membangun beberapa bidang usaha lain. Sebutlah saja seperti jilbab, travel, serta yang lain.

5. Valentina Meiliyana
Entrepreneur muda Indonesia kelahiran 1995 ini dahulunya hanya pedagang online yang jual extension rambut warna-warni, sandal gabus, serta tas di Kaskus. Tetapi siapa kira, pada akhirnya ia buka usaha sepatu custom yang mampu membuahkan omzet beberapa puluh juta Rupiah per bulan.

Valentina bahkan juga sudah sempat jadi perancang sepatu koleksi Eunika Joso di Jakarta Fashion Week 2011. Ia memperoleh pesanan sepatu spesial dari girl band Cherry Belle.

Tetapi, dalam menghidupkan upayanya, Valentina sempat juga rasakan jatuh bangun. Di usia 18 tahun, Valentina alami kerugian dapat sampai 100 juta. Serta hal itu juga membuat alami depresi tingkat tinggi.

Semenjak membuat sepatu, Valentina tetap berusaha untuk dapat membuat sepatu yang nyaman bagi beberapa cewek, agar kakinya tidak lecet. Oleh karenanya, dalam soal memburu bahan, Valentina tidak bermain-main. Ia juga ikhlas jalan ke pelosok Indonesia untuk cari bahan berkualitas.

Itu lima entrepreneur muda Indonesia yang mengawali upayanya dari usaha kecil-kecilan. Dapat dibuktikan kan, jika usaha kecil itu memang tidak dapat dilihat sepele.

Tidak dikit orang yang banyak belajar dari usaha kecil sebelum pada akhirnya membuat gurita usaha.

0 komentar:

Posting Komentar